Rabu, 25 Januari 2017

Touring Gunun Halimun Salak Bogor 6-7 Mri 2016

Cerita Gowes kali ini kembali ke daerah kota hujan Bogor, yaitu taman Wisata halimun Salak Bogor,bersepda atau gowes adalah merupakan  kegiatan yang menyenangkan, selain menyehatkan badan juga memberikan penyegaran pada pikiran kita , karna disaat  gowes kita bisa melihat lingkungan sekitar,
Ini adalah touring kedua Komunitas Leguti Bike ,gowes touring ke taman wisata Gunung Halimun salak merupakan pengalaman yang sangat luar biasa, dimana trek 80 % menanjak  disepanjang jalur trek yang kami tuju.

Awal cerita, tanggal  06  mei 2016 Hari Jumat , star sekitar jam 02:00 Wib  dari Basecamp Leguti bike kearah Gunung Bunder, perjalanananpun dinikmati dengan canda ria walaupun saat itu kendaraan yang kami gunakan hanya mobil los back / pick up,kami bawa hanya  dua mobil  dua –duanya los back, ada beberapa krew yang membawa motor , om Tio,om Naim dan om Burik, sampai di pertigaan ciampea –Bogor kami mampir sholat ashar sekalian istirahat dimasjid At Taqwa ,
selama lebih kurang 20 menit istirahat, perjalanan dilanjutkan menuju tempat penginapan dirumah pa H.Anda diGunung Bunder . singkat cerita , sekitar jam 17:30 Wib. Menjelang sholat maghrib kami sampai dilokasi penginapan,setelah mobil terpakir kami menemui pa H. Anda selaku pemilik rumah, dengan lokasi yang lumayan luas, ada mushola, ada majlis ta’lim  jadi ada tempat untuk kami beristirahat, seperti biasa tidak mau kehilangan momen  kunjungan kali ini kami langsung  selfie-selfie dilokasi rumah Pa Haji,

belum puas selfie-selfie adzan maghribpun terdengar , kami segera bersiap –siap melaksanakan sholat maghrib berjamaah, setelah selesai sholat maghrib kami dipersilahkan untuk makan malam, tanpa basa basi lagi kami langsung makan bersama,dengan menu sayur asam, ikan asin, tempe dan lalapan nikmatnya luar biasa,selesai makan kamipun kembali bersantai ria ,ngobrol-ngobrol sambil menikmati udara sejuk dikaki Gunug Bunder, setelah sholat isya ada yang langsung istirahat ada juga yang jalan-jalan melihat susana  malam dilingkungan penginapan,

Tidur  kali ini tidak terasa nyaman, sekitar jam 2 malam saya terbangun karna perut terasa lapar,dan suara bising rekan saya om tio dan andi burik yang tak henti-hentinya bercanda sepanjang malam, kelakuan rekan kami berdua ini memang seperti anak kecil.

Pagi telah tiba hari sabtu tangga 7 mei 2016, selesai sholat subuh dan sarapan pagi  kami langsung bersiap –siap untuk gowes,seperti biasa breefingpun dan do’a dilakukan sekitar jam 06:15 menit. gowes Kali ini kami tidak memakai marshal karna  satu minggu sebelumnya rekan kami telah survei lokasi penginapan dan jalur trek,

jam 06:30 kami star menuju jalur trek taman wisata Gunung Halimun salak, star dimulai dari rumah Pa H.anda gunung bunder memasuki area perkampungan,

baru 500 meter kami gowes trek sudah menajak, yang lebih parah lagi ada trek berbentuk letter  s  dengan ketinggian yang lumayan terjal, kami satu team tidak bisa menakulkan trek ini karna memang luar biasa  treknya, bahkan ada beberapa rekan kami langsung kelelahan bahkan mengalami kram perut, hal ini terjadi akibat kurang istirahat dan pemanasan yang cukup,

beruntung  trek berada dikawasan padat penduduk sehingga kami tidak terlalu sulit menemukan warung yang tersedia teh manis dan makanan untuk menormalkan kembali stamina.
Setelah istirahat gowes kembali kami lanjutkan, sesampainya dipintu masuk taman wisata Gunung Halimun Salak  kami diminta untuk membayar karcis masuk, dengan negosiasi sebentar akhirnya kami bisa masuk dengan setengah harga,

gowes dilanjutkan, belum begitu jauh kami melewati gerbang pintu masuk trek sudah mulai menanjak dengan stamina yang sudah terkuras diawal trek, kami melaju dengan pelan, beruntung udara sejuk cuaca tidak begitu panas karna memang masih pagi sekitar jam 07: 30 Wib.

Didepan pintu masuk wisata kawah ratu kami  break selama 30 menit sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan gunung halimun salak ,dibawah pohon pinus dan batu besar kami menikmati isirahat kali ini,

Rasa penasaran ingin menikmati air terjun yang berada dikawasan wisata halimun salak ini  maka gowespun dilanjutkan, jalur trek wisata ini cukup menantang, jalan bergelombang naik turun sehingga bervariasi, dari depan pintu masuk kawah ratu kami menuju curug ngumpet jaraknya sekitar 300 meter.
Berhenti sejenak  didepan pintu masuk curug ngumpet sambil selfie-selfie,

selesai sefie lalu gowes kembali dilanjutkan menuju curug sawer, jarak curug sawer lumayan jauh dengan jalur trek menanjak dan jalan aga licin serta berbatu, dicurug ini kami break selama lebih kurang 1 jam. menikmati udara sejuk dan pemandangan indah ditemani sebungkus  nasi uduk khas penduduk Gunung salak luar bisa rasanya, dengan lahap kami menikmati nasi uduk karna lelah dan letih setelah menaklukan trek pegunungan halimun salak,
ada sebagian krew menuju air terjun curug sawer dengan berjalan kaki, namun baru sampai dipos penjagaan curug sawer krew balik arah, dengan alasan jarak yang masih jauh menuju curug sawer dengan makan waktu sekitar 1-2 jam sampai disana.

Akhirnya dengan rasa kecewa kami kembali ketempat istirhat didepan pintu masuk curug sawer, dengan menaiki anak tangga yang cukup tinggi dengkul saya terasa lelah.namun karna udara sejuk dan pemandangan yang exsotis rasa lelah dan letih tak terlalu terasa, terasa sudah cukup istirhat akhirnya team memutuskan kembali kearah basecamp yaitu rumah Pa H. Anda dikaki Gunung Bunder, perjalanan pulang tidak begitu memakan waktu yang lama karna trek banyak menurun sehingga tidak banyak membutuhkan tenaga dan kecepatan sepedapun stabil, sekitar jam 11:30 Wib kami sudah sampai dibascamp Pa H. Anda, istirahat sambil menunggu masuk sholat Dzuhur, setelah sholat dzuhur dilanjutkan makan siang dengan menu sayur asem ikan asin dan lalapan. Jam 14:00Wib kami pamitan .
Perjalanan menuju basecamp Leguti Bikepun dimulai, saya dan beberapa rekan yang satu mobil  bercanda ria santai sambil bercerita pengalaman yang baru saja kami alami.

Ditengah perjalanan hujanpun turun dengan deras,sampai diciseeng kami terjebak macet, cuaca dingin dan lama menunggu membuat perut lapar, dengan semangat rekan kami nyukem berlari membeli makanan, jeruk,kacang,gorengan dan pisang, maklum rekan kita nyukem memang bosnya indomart, jadi kalu urusan makan gampang, kita ga usah ngeluarin kocek,,hehehehe…Tak terasa 3 jam perjalanan kami akhirnya sampai dibasecamp. Jam 17:30 Wib,

Demikian cerita gowes Touring Leguti bike ke Taman Wisata halimun salak, semoga bermanfaat buat pembaca dan bisa menjadi inspirasi buat rekan-rekan yang mau bergabung dikomunitas kami ini.

Goweser,
Sadar Bahar, Ramdani Dablang, Marta Khoepink, Nasam Q Both, Iwan Nyoy, Naim Maryadi, Ust.Amir Setiawan, Andi Burik, Imam, Akoeb Tio, Supriyadi Digo, Sarin Alus, Anin, Muhalem Alamsyah, Fikra SF, Devi

Terima kasih. kepada  keluarga. besar
pa H. Anda di Gunung Bunder.