Senin, 23 Januari 2017

Touring Leguti Bike Gunung Bunder 6-7 Juni 2015

sebelumnya kami memang sudah berencana akan gowes touring ke Gunung Bunder,waktu itu anggota Komunitas Leguti Bike baru berjumlah sekitar  20 orang, namun hanya 9 orang yang ikut, karna sudah tau jalur trek yang sangat menantang jadi sebagian tidak ikut, anggota  yang berangkat  pada waktu itu, Sadar Bahar,Nasam Q both,Rohim Bejo,Moch Cubung,Andi Burik,Imam,Sarin Alus,Supriyadi Digo dan Fikra sigoweser junior,
waktu itu kami hanya punya modal semangat tidak ada bekal khusus karna memang kami masih pemula belum ada pengalaman, kalau tanpa modal semangat dan kuasa Allah sepertinya tidak mungkin kami bisa sampai ke daerah gunung bunder dengan trek menanjak dan jarak yang begitu jauh  sekitar 45 km dari Basecamp kami di Lk Gudang timur serpong –Tangerang selatan, namun kiranya Allah berkata lain, dengan perjuangan dan do’a alhamdulillah akhirnya kami bisa sampai digunung Bunder Bogor.

Singkat Cerita, pada hari sabtu sore jam 14:30 Wib , kami 9 orang mulai star dari Basecamp Leguti Bike menuju Gunung Bunder Bogor, trek awal yang kami lalui jalan raya BSD – Tekno arah puspitek muncul, baru sampai tekno BSD ban belakang speda saudara Rohim bejo Bocor , selama 15 menit kami ganti ban segera melanjutkan gowes,sampai diperbatasan tangsel-bogor kami ambil trek pabuaran gunung sindur,sengaja kami ambil jalur trek ini karna jalan sepi dan perkampungan,karna waktu sholat ashar sudah masuk, maka kamipun mampir dimushola didaerah binong gunung sindur sekitar jam 16:00 selama 15 menit kami sholat sambil isitirahat gowes dilajutkan, jalur trek kami ambil kampung kauripan-gunung sindur trek mulai turun naik  dan tentunya menguras stamina ,sampai dikauripan kami mulai merasakan lelah, maka kami putuskan istirahat sebentar untuk memulihkan tenaga dan melemaskan otot,
10 menit istirahat gowes kami lajutkan kembali,  jam 18:00 kami sampai dipasar ciampea bogor, karna waktu sholat maghrib sudah masuk, maka kami memutusakan istirahat dan sholat dimushola dekat polsek ciampea, selama 30 menit kami istirahat, gowespun dilajutkan sekitar jam 18:30 Wib, Karna hari sudah mulai gelap tentunya lampu kedip dan center mulai dinyalakan, trek mulai menanjak karna memang sudah mulai memasuki daerah pegunungan,sepanjang  ciampea sampai gunung bunder   jalur trek menajak terus sampai kami pun sangat kelelahan luar biasa,dengan kondisi dingin karna malam itu hujan turun mengiringi perjalanan gowes kami, kram ototpun tak terhindarkan,

rasa lapar dan lelahpun  mulai kami rasakan, lebih kurang 3 kilo meter lagi dari tempat yang akan kami tuju, akhirnya kami istirahat waktu itu sudah jam 21:00 wib, syukur Alhamdulillah kami ucapkan,karna hari sudah malam dan cuaca dingin waktu itu masih ada warung yang buka dengan menjual kopi dan gorengan,karna kondisi kelelahan dan perut lapar akhirnya kami mampir makan gorengan, waktu itu walaupun  tahu goreng masih terasa panas namun dilidah kami terasa dingin dan nikmat, “terima kasih ibu pemilik warung , berkat gorengan tahu ibu stamina kami pulih walaupun tidak 100% normal” makan tahu sambil ngobrol dengan warga setempat  kamipun bertanya jarak ke lokasi yg akan kami tuju, info dari warga sekitar 3 kilo meter lagi,
setelah isitirahat selama 30 menit kami pun melanjutkan gowes dan ada sebagian krew memilih sepedanya tidak digowes karna memang trek menajak dan terjal, tidak lama kami pun sampai pada pertigaan, lurus arah ke tempat wisata gunung Halimun salak, kekiri arah yang kami tuju yaitu rumah pa Haji Anda, sekitar jam 21:45 alhamdulillah akhirnya kami sampai dilokasi tujuan, sesampainya kami disana rupanya sudah ditunggu oleh keluarga Pa Haji dan rekan-rekan kami dari tangerang, yaitu sudara H. Ahmad Gedud , RT Dadih dan Sudara Badri Cafu, hidangaan santap malam pun sudah tersedia,karna sudah dipersilakan oleh tuan rumah untuk makan  kamipun langsung makan malam.

Setelah selesai makan malam, rupanya kami masih harus gowes ke lokasi penginapan dimana lokasi tersebut ternyata rumah kedua dari Pa.Haji Anda, penginapanya berada dikaki gunung Salak-Bogor,kamipun segera mandi dan sholat isya berjamaah dimushola pa Haji, setelah itu istirahat menunggu pagi.
Dengan kondisi lelah dan letih,tidurpun terasa nyenyak, tanpa terasa waktu shubuhpun tiba, kami langsung menuju kemushola mandi dan sholat shubuh berjamaah.selesai sholat sarapan pagipun sudah tersedia nasi uduk khas bogor,udara sejuk dan pemandangan indah sangat membuat kami merasa betah tinggal disana, kamipun tidak mau kehilangan moment yang sangat berharga ini, kami foto-foto disekitar halaman rumah Pa. Haji.

Jam 07:00 kamipun pamitan sama pa Haji, dihati ada rasa bahagia, senang dicampur sedih, karna belum puas kami menikmati kesejukan dan keindahan alam Gunung bunder terpaksa kami harus kembali ke tangerang dengan alasan keterbatasan waktu, karna hari senin kami sudah harus aktifitas kembali yaitu bekerja, maklum karna dikomunitas Leguti Bike  99% anggotanya adalah karyawan .
Sepedapun mulai kembali digowes menuju arah pulang, trek dipagi hari lebih indah terlihat, udara sejuk dan pemandangan yang indah membuat kayuhan sepedapun tak bisa cepat karna terpesona dengan jalur trek kaki gunung bunder -bogor,

sesampainya tipertigaan kaki gunung bunder jalur trek mulai menurun sepanjang sampai pasar ciampea, kamipun hanya melakukan control rem sambil berteriak hepy,
Perjalanan pulang sangat berbeda sekali waktu tempuhpun Cuma 4 jam tanpa istirahat banyak , jam 10:00 kami sudah sampai dibinong gunung sindur, kami mampir sebentar dibinong  isirahat sambil miunm teh manis hangat, setelah itu gowes kembali dilanjutkan menuju basecamp dilk gudang timur RT 03/03 Kec. Serpong Kota Tangerang Selatan.

Jam 11:00 Alhamdulillah akhirnya kami sampai dibasecamp dengan selamat.

Inilah cerita perjalanan Gowes touring kami ke Gunung Bunder, sekaligus perjalan gowes pertama yang kami lakukan, ini merupakan pengalaman kami yang sangat berharga dan tak mungkin terlupakan,semoga cerita ini menjadi sejarah buat anak cucu kami dan bermanfaat buat pembaca dan semoga bisa menjadi inspirasi rekan- rekan yang ingin bergabung dengan komunitas Leguti Bike.
Terima kasih kepada Bang Haji Ahmad Gedud,RT Dadih, saudara Badri Cafu dan terutama Keluarga Besar Bapak H. Anda Gunung Bunder –Bogor, yang telah membantu atas terlaksananya Gowes touring Leguti Bike perdana.